tugas metode riset

Nama   :           Murtiyatul Hasanah

NPM   :           16209601

Kls       :           3ea13

 

Analisis Jurnal (2)

Tema : Kenaikan Harga Bahan Pokok

Melambungnya harga Cabai

                                                                           2010

Latar belakang

Di musim yang tidak menentu ini mengakibatkan banyak para petani  yang mengalami gagal panen.hal tersebut mengakibatkan banyak para petani mengalami kerugian yang cukup besar.

Faktor cuaca yang mengakibatkan gagal panen dituding menjadi penyebab melambungnya harga cabe yang menembus harga Rp100 ribu/kg. Hal tersebut berdampak pada kelangkaan sayur mayur tersebut di pasaran.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah, dan Perdagangan (KUMKMP) DKI, Reynalda Madjid, mengatakan pihaknya akan segera melakukan percepatan distribusi ke pasar. Dengan langkah tersebut diharapkan tidak lagi terjadi kelangkaan komiditi. “Kondisi ini terjadi karena cuaca dan gagal panen,” ujar Reynalda, Selasa (4/1).

Tidak hanya itu, untuk mengendalikan harga di pasaran Reynalda juga menyatakan akan menggelar pasar murah dan pasar rakyat di kelurahan yang padat pemukiman kumuh. “Pasar murah ini akan meringankan beban masyarakat lapisan paling bawah yang paling merasakan dampak kenaikan harga cabe dan beras,” ujarnya.

Adapun selama 2010, ungkapnya, Dinas KUMKMP DKI telah mengadakan 12 pasar murah dan lima pasar rakyat di kelurahan, jadi totalnya ada 17 kelurahan sebagai tempat digelarnya pasar murah dan pasar rakyat. “Tahun 2011 ini, kita akan adakan lebih besar lagi pasar rakyat dan pasar murah di DKI Jakarta. Kita akan mulai di Januari ini di beberapa titik. Kita masih akan diskusikan lokasinya. Ini akan kita lakukan terus hingga harga-harga menjadi stabil,” ungkap Reynalda.

Sementara itu meroketnya harga kebutuhan pokok dan sayur mayur juga berdampak pada laju inflasi di Jakarta selama Desember 2010 yang mencapai 0,76 persen atau naik sebesar  0,43 persen dibandingkan inflasi pada November lalu yang mencapai 0,33 persen. Kenaikan inflasi tersebut disebabkan dengan melambungnya harga beras, emas perhiasan dan cabe merah yang terjadi di Ibukota. Diprediksikan inflasi pada Januari 2011 juga akan meningkat, karena harga cabe semakin melambung hingga mencapai Rp100 ribu/ kg. Sedangkan beras menembus angka Rp 8 ribu-10 ribu per liter untuk jenis IR 62.

Kepala BPS DKI, Agus Suherman, menerangkan komoditi yang memberikan sumbangan inflasi cukup besar sepanjang Desember 2010 ada tiga komoditi yaitu beras yang mengalami kenaikan mencapai 0,2611 persen, emas perhiasan naik sebesar 0,1704 persen dan cabe merah yang naik sebesar 0,0863 persen.

 

Masalah :
apa sajakah factor penyebab yang mempengaruhi kenaikan harga cabai di pasaran

 

tujuan penelitian :
untuk mengetahui penyebab kenaikan harga cabai di pasaran.,dan factor apa yg menyebabkan harga cabai naik melambung tinggi,serta bagai mana cara menangani atau menanggulangi kenaikan harga cabai tersebut

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: