tulisan softskill kewarganegaraan 8

Nama : Murtiyatul Hasanah

NPM : 16209601

KLS : 2EA13

Meningkatkan Berat Badan
Seberapapun banyaknya anda makan, anda merasa berat badan tidak mengalami kenaikan. Hal ini dialami oleh Iwan (18 tahun). Dengan tinggi badan 172 cm, iwan hanya mempunyai berat badan 45 kg. Jauh dari berat badan idealnya yaitu 65 kg. Ia menginginkan sekali agar berat badannya bertambah, sehingga badannya terlihat lebih berisi. Segala upaya telah dilakukan iwan untuk menambah berat badannya, ia bahkan dalam sehari makan 4 kali dan ditambah mengkonsumsi suplemen vitamin dan mineral. Namun kesemuanya itu sia-sia.

Kenapa ada orang yang mudah sekali untuk naik berat badannya, tetapi ada juga yang susah sekali untuk menaikkan berat badannya? Jika anda termasuk orang yang sulit untuk bertambah berat badannya, anda harus memeriksa keluarga anda. Apakah ada didalam keluarga anda yang memang mengalai masalah yang sama dengan anda. Jika memang ada dalam keluarga anda, maka anda memang ditakdirkan untuk kurus.

Untuk menambah ½ kg berat badan perminggu, maka anda membutuhkan tambahan 500 kkal perhari diluar dari konsumsi sehari-hari anda.Kebanyakan orang-orang berpikir bahwa untuk menambah berat badan maka mereka harus banyak mengkonsumsi protein dalam jumlah yang banyak. Hal ini salah, karena kelebihan protein yang kita konsumsi tidak akan disimpan oleh tubuh sebagai daging (massa otot). Untuk menambah berat badan anda (menambah massa otot anda) maka yang harus anda lakukan adalah dengan berolahraga. Olahraga seperti angkat besi dan latihan beban lainnya akan membuat serat-serat otot bertambah besar. Untuk itu anda perlu mengkonsumsi kalori tambahan selama anda melakukan latihan tersebut, agar protein yang akan digunakan untuk membentuk serabut otot anda yang baru tidak ikut dibakar oleh tubuh sebagai sumber energi selama anda melakukan latihan/olahraga.

Lalu, bagaimana caranya mendapatkan kalori tambahan?

Untuk mendapatkan tambahan kalori yang dibutuhkan guna meningkatkan berat badan, sebaiknya anda mengkonsumsi:

Camilan/snack tambahan, seperti roti isi, sandwich dan segelas susu sesaat sebelum anda tidur

Makan dalam porsi yang lebih besar dari sebelumnya

Makan makanan yang mengandung kalori tinggi. Makanan yang tinggi kandungan kalorinya adalah lemak. 1 gr lemak setara dengan 9 kkal, sedangkan 1 gr karbohidrat dan protein hanya 4 kkal. Namun berhati-hatilah dalam memilih makanan tinggi kalori ini. Hindari lemak jenuh seperti pada keju, daging berlemak, kulit ayam, mentega dan margarin. Makanan ini mengandung lemak jenuh yang mempunyai bahaya bagi kesehatan anda.

Tips Memilih Makanan Berkalori Tinggi

Pilihlah makanan dan minuman berikut dalam program diet penambahan berat badan anda:

Cereal. Jika anda membuat sereal, tambahkanlah susu. Untuk meningkatkan cita rasa dan selera makan anda, anda bisa menambahkan buah-buahan kering, krackers, biscuit dan kue-kue yang anda suka.

Jus/sari buah. Jika anda senang membuat jus segar, pilihlah buah apel, anggur, nanas. Buah-buahan ini mempunyai nilai kalori yang lebih tinggi dibandingkan jus jeruk ataupun jus tomat. Tambahkan susu untuk menambah kalori dari jus buah anda.

Buah. Pilihlah buah yang sedikit kandungan airnya seperti, pisang, nanas, kurma, atau buah-buahan kering. Buah-buahan ini mengandung lebih banyak kalori dibandingkan jeruk, semangka, melon dan buah yang tinggi kadar airnya.

Susu. Untuk meningkatkan kalori dari susu cair yang anda minum, tambahkan susu bubuk ke dalam susu cair yang biasa anda minum. Atau campurkan susu dengan coklat cair.

Roti. Oleskan selai kacang dan madu dalam jumlah yang lebih banyak pada roti baker sarapan anda.

Daging. Walaupun daging sapi dan kambing mengandung kalori lebih tinggi daripada daging ayam dan ikan, namun kedua jenis daging tersebut juga mengandung lemak jenuh yang berbahaya bagi kesehatan. Makanlah dalam jumlah sedikit daging tersebut dan pilihlah yang tanpa lemak. Untuk meningkatkan kalori, goreng ayam dengan sedikit minyak atau margarin.
Kacang-kacangan. Perbanyaklah konsumsi berbagai jenis kacang-kacangan termasuk kedelai dan produk turunannya. Karena kacang-kacangan tidak hanya tinggi kandungan kalorinya, namun mereka juga tinggi kandungan protein dan karbohidratnya.

Sayur-mayur. Sayuran seperti kacang, jagung, wortel, waluh dan bit mempunyai kalori yang lebih banyak dibandingkan buncis, brokoli dan sayuran lain yang tinggi kadar airnya. Untuk meningkatkan nilai kalori dari sayuran, maka tumislah sayuran menggunakan margarin dan tambahkan irisan keju parut.

Camilan/snack. Camilan siang dan sore adalah cara paling sempurna untuk meningkatkan konsumsi kalori anda. Beberapa camilan yang sehat antar lain adalah; yogurt, cheese krackers, kacang-kacangan, kue kering, muffins, milk shakes, coklat hangat, pisang, buah-buahan kering dan sandwich.

Ada kalanya anda juga harus memeriksa diri anda dan kebiasaan anda makan selama ini. Apakah anda makan tepat waktu? Bagaimana pola makan anda? Berapa kali anda makan sehari? Kadang-kadang ada orang yang makan banyak setiap kali ia makan, namun setelah dicek ia tetaplah kurus. Ia melewatkan sarapan pagi dan sebagai kompensasi ia makan lebih banyak pada siang hari dan malam harinya. Hal ini sebenarnya tidak baik. Jika anda ingin menambah berat badan anda, makanlah pagi, siang, sore dan makan tambahan/snack sesaat sebelum anda tidur. Pastikan anda makan tepat waktu dan tidak menunda-nundanya.

Namun jika semua cara diatas tidaklah berhasil, maka sabarlah. Lakukan semuanya secara perlahan-lahan dan janganlah menginginkan berat badan anda bertambah dengan cepat. Sebagian orang akan bertambah besar pada saat mereka mulai dewasa. Mungkin memang belum waktunya bagi tubuh anda untuk bertambah isi dan bobot. So…be patience

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7987238

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: