tulisan softskill kewarganegaraan 11

Nama : Murtiyatul Hasanah

NPM : 16209601

KLS : 2EA13

Jenis-jenis Kimchi

Nabak Kimchi

Setiap ibu rumah tangga sekarang merasa bingung bagaimana menghabiskan sisa makanan hari raya Chuseok. Biasanya hidangan hari raya tidak bervariasi dan banyak mengandung minyak maka anggota keluarga yang menyantapnya sepanjang liburan telah bosan memakannya. Sayang dibuang, tapi tidak juga mau memakannya. Sehingga dalam internet pun sedang terdapat bermacam-macam petunjuk atau tips tentang cara mengolah makanan dari sisa makanan itu. Gorengan dapat menjadi pizza dengan ditambah keju, masakan sayur dapat dicampur dengan nasi dan Gochujang untuk menjadikan Bibimbab, banyak sekali resep yang berguna. Sementara sebagian orang lebih suka memakan makanan itu seperti apa adanya tanpa mengolahnya kembali.

Dalam hal ini Kimchi yang sangat cocok untuk dimakan bersama dengan makanan yang hampir membosankan itu. Terutama Kimchi yang berkuah lebih sesuai karena rasa segarnya. Biasanya pada saat mempersiapkan masakan hari raya kaum ibu rumah tangga tidak lupa memasak Kimchi. Salah satu jenis Kimchi itu adalah Nabak Kimchi yang berkuah dengan sawi putih dan lobak. Kuah itu berasa sedikit manis dan pedas. Selain itu rasa segarnya dapat menggantikan sup yang selalu disajikan bersama dengan nasi pada setiap penyajian hidangan.

Nama Kimchi yang berbunyi Nabak itu berasal dari bentuk potongan sawi dan lobak kecil yang tipis. Nabak Kimchi ini umumnya tidak mengalami proses prementasi sehingga dapat langsung dimakan setelah dibuat. Oleh karena cara membuatnya cukup mudah dan hanya membutuhkan sedikit waktu maka Kimchi ini sering disajikan pada jamuan makan yang ramai di Korea sejak zaman dahulu.

Kimchijjim

Sebenarnya belakangan ini banyak orang yang merasa gelisah dan takut karena influenza A H1N1 yang sedang menular di seluruh dunia. Maka tidak berlebihan untuk mengatakan kalau kita perlu meningkatkan usaha-usaha untuk mencegahnya. Berdasarkan beberapa laporan medis Kimchi, asinan ala Korea sangat bermanfaat untuk mencegah flu baru itu. Kimchi bukan lagi hanya makanan khas Korea tetapi sudah menjadi makanan seluruh dunia. Kalau kalian suka makan Kimchi mungkin kaliasn bisa terhindar dari bahaya penyakit tersebut.

Kimchijjim merupakan salah satu masakan dari Kimchi. Bahan utama masakan ini adalah Kimchi serta daging dan sangat mirip dengan Kimchi Jjigae atau sup Kimchi. Sejak beberapa tahun lalu masyarakat Korea yang sudah merasa bosan Kimchijjigae memasak Kimchijjim. Dibandingkan dengan Kimchijjigae atau sup kimchi Kimchijjim berkuah sedikit dan daging dipakai lebih banyak. Di tambah lagi Kimchi yang dipakai untuk masakan ini disebut Mukenji yang berasa asam karena sudah lama disimpan, kadang-kadang masa penyimpanan Kimchi itu beberapa tahun. Hal itu membuat rasa Kimchijjim yang kental dan mendalam.

Rasa Kimchi yang asin dan asam serta rasa daging yang gurih berpadu. Dan menciptakan rasa yang baru dan enak. Biasanya masyarakat Korea lebih suka memakai daging babi untuk masakan ini. Tetapi daging sapi maupun ayam juga cocok untuk masakan ini. Kalau ada Kimchijjim ini orang Korea biasanya dapat menghabiskan beberapa mangkuk nasi. Selain merangsang nafsu makan, Kimchijjim dijamin juga baik untuk kesehatan.

Kimchi-Jeon

Biasanya pada musim dingin di korea matahari terbit sekitar pukul setengah delapan. Jadi pelajar-pelajar yang sedang berlibur sekolah sering bangun siang. Karena banyak kegiatan dalam ruangan jadwal kehidupan sebagian orang pada musim dingin tidak teratur. Kehidupan yang tidak teratur itu tentu berpengaruh buruk pada kesehatan orang. Para dokter menyarankan berolahraga secara teratur, minimal 3 kali seminggu. Kalau tidak kuat dingin boleh senam di dalam ruangan.

Pada musim dingin dimana sayur-sayuran sulit tumbuh, kimchi adalah sumber vitamin bagi masyarakat Korea sejak zaman dahulu. Tetapi masakan kimchi yang sudah lama dimasak makin lama makin kurang enak, asem, dan berbau. Ibu rumah tangga Korea membuat gorengan enak dengan kimchi yang asam dan berbau itu. Gorengan yang bernama Kimchi-Jeon itu dimakan bersama dengan nasi sebagai lauk-pauk atau dimakan juga pada saat ingin jajan. Kali ini kami memperkenalkan Kimchi–Jeon yang sekarang ini masyarakat Korea sering makan.

Masakan itu tentu terasa gurih. Selain itu anda dapat merasakan rasa asam karena Kimchi yang dipakai sudah berasa asam. Tapi rasa asam itu tidak begitu terasa, malah nikmat. Karena kimchi sudah digarami maka tidak perlu dibumbui lagi dan lebih enak dimakan dengan nasi. Kalau kalian suka memakan kimchi pasti cocok dengan masakan Kimch-Jeon ini. !

Chonggak Kimchi

Selain Kimchi sawi putih, lobak, daun bawang, dan sawi hijau yang bernama Gat juga diKimchikan. Jadi jenis Kimchi yang dimasak untuk musim dingin itu paling sedikit 2 atau 3 macam. Karena setiap saat makan masyarakat Korea makan Kimchi jadi harus banyak Kimchi yang disediakan. Salah satu jenis kimchi lain yaitu Kimchi lobak. Namanya Chonggak Kimchi.

Kata Chonggak itu biasa dipakai untuk panggilan pria muda seperti ‘mas’ di Indonesia. Kalau begitu mengapa memakai nama Chonggak Kimchi? Pada zaman dahulu pemuda yang belum menikah rambutnya panjangnya diikat di bagian belakang kepala. Bentuk kepala dan rambut itu mirip dengan lobak kecil, bahan Chonggak Kimchi itu. Chonggak Kimchi yang dibuat dari lobak kecil bersama dengan sawi hijau itu, umumnya dimasak lebih awal daripada Kimchi sawi putih. Karena tidak dipotong bentuknya lucu dan kesegarannya bisa lebih lama bertahan.

Chonggak Kimchi ini memang memiliki rasa lain dengan Kimchi biasa. Chonggak Kimchi lebih enak setelah matang, sesudah 2 atau 3 hari kemudian. Biasanya rasa Kimchi berbeda menurut jangka waktu penyimpanannya. Jadi kalau disimpan cukup lama berasa asam juga. Kadang-kadang Chonggak Kimchi ini disebut juga sebagai Altari Mu Kimchi. Altari Mu adalah dialek untuk Chonggak Mu.

Dubu Kimchi

Dubu Kimchi. Bahan utama masakan ini adalah tahu dan Kimchi. Masakan ini merupakan salah satu masakan yang disukai oleh masyarakat Korea dan lebih enak dimakan pada musim dingin.

Sebenarnya di Korea daging babi digunakan untuk masakan ini. Tetapi daging sapi juga sesuai dengan rasa kimchi. Selain sebagai lauk pauk masakan ini sering dimakan bersama dengan minuman beralkohol di Korea.

Kimchi Jjigae

Kimchi Jjigae. Masakan ini masakan sederhana dan populer bagi masyarakat Korea. Selain bangsa Korea orang asing yang sudah pernah memakan masakan ini juga sangat menyukainya. Jjigae itu biasanya tidak banyak kuah dibandingkan dengan sup.

Biasanya Kimchi Jjigae ditambahkan daging babi atau ikan tuna kaleng di Korea. Tanpa daging Kimchi Jjigae cukup enak karena Kimchi itu telah lama dibumbui. Rasanya agak asin dan pedas lebih baik makan dengan satu mangkok nasi putih.

Kimchi Bokembab

Selain Kimchi Bokembob ini banyak jenisnya nasi goreng menurut bahannya seperti nasi goreng di Indonesia. Nasi goreng seafood, nasi goreng sayur, nasi goreng daging, dll. Bahkan cara memasak pun tidak lain dengan nasi goreng di Indonesia. Kimchi Bokembab atau nasi goreng Kimchi ini dapat memberi rasa yang unik karena rasa kimchi yang khs dan pedas sanagt sesuai dengan nasi dan bahan-bahan lain. Masakan ini sangat cocok dengan orang yang suka Kimchi atau yang mau mencoba rasa nasi goreng yang lain.

Fa kimchi (Kimchi daun bawang)

Kimchi ini selalu dimasak waktu masak Kimjang di Korea. Daun bawang diketahui mempunyai khasiat untuk menghilangkan rasa sakit kepala, membersihkan kulit wajah, dan mencegah serta menyembuhkan masuk angin. Oleh karena itu daun bawang digolongkan juga dalam bahan-bahan tumbuhan obat. Kalau memakan kimchi daun bawang ini setiap saat makan pada musim dingin, tentu dapat mencegah masuk angin.

http://yeppopo.wordpress.com/2010/10/11/info-macam-macam-kimchi/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: